Selasa, 08 Oktober 2013

Bisnisku



Bisnisku.

Hai, kali ini aku ingin berbagi pengalaman tentang perjalanan bisnis online-ku. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian semua ya :)

Bisnis online shop ku bernama “Chairanee Store”. Kalian bisa mencari link akun Facebook dan Twitter-nya dengan nama: Chairanee Store (halaman facebook) dan @Chairanee_Store (akun twitter), kegiatanku berbisnis online ini sudah berjalan hampir dua tahun belakangan ini. Dulu, awalnya aku hanya iseng-iseng memulai kegiatan ini. disamping sebenarnya aku juga tidak memiliki jiwa bisnis yang bagus untuk berwirasusaha dan berbisnis.

Aku Dita Chairani, mahasiswi semester 7, di Universitas Mercu Buana jurusan Design Grafis-Multimedia. Latar belakang pendidikanku jauh sekali dari bidang bisnis. Ya, aku Designer, yang dimana perkerjaannya bergerak dibidang desain, dan seni rupa. Menggambar adalah salah satu hobi ku dari kecil. Oleh karena itulah aku masuk jurusan ini. Aku sebenarnya sangat asing dengan kegiatan dibidang usaha atau bisnis. Untuk hal “tawar-menawar” saja aku tidak pandai, dan selalu kalah jika adu licik dengan para pedagang. Karena sebab itulah, awalnya aku sempat sangsi untuk bisa menjalani bisnis online yang aku lakukan saat ini.

Aku awalnya memulai bisnis online dengan berjualan aksesoris wanita. Seperti; kalung, gelang, cincin, hiasan rambut dan lain sebagainya. Pada 2 bulan pertama usahaku cukup lancar, banyak mendapat pesanan yang untung-nya lumayan untuk menambah uang jajanku. Dengan modal Blackberry dan promosi di Twitter dan Facebook, aku mendapatkan cukup banyak costumer untuk usaha ku ini. 

Bisnis online ini sangat menguntungkan, kita tidak perlu modal yang banyak, hanya perlu aktif melakukan promosi dan online blackberry; membuat group khusus dan mengundang beberapa teman di kontak bbm untuk bergabung. Istilahnya; hanya modal jempol. Pandai mempromosikan produk sehingga menarik banyak minat konsumen.

Setelah beberapa waktu bisnisku berjalan, aku mendapati berbagai batu sandungan. Seperti supplier-ku yang ditikung oleh teman sendiri, yang akhirnya menyebabkan beberapa konsumenku beralih membeli barang ke temanku, dan aku kehilangan costumer. Hingga naik-turunnya harga barang dari supplier yang berpengaruh pada harga jual yang sudah aku tetapkan, sehingga tidak urung aku sering mendapat untung hanya 10% dari produk yang dijual.

Lalu, semakin lama, aku semakin melebarkan kategori produk yang aku pasarankan. Yang awalnya hanya aksesoris. Kini aku merambah dalam penjualan sepatu dan kacamata. Untuk sepatu aku menjual sepatu lelaki dan perempuan. Dari yang system pre-order, hingga yang ready stock. Aku mempunyai beberapa supplier; dari Bandung dan Jakarta. Tentunya dengan kualifikasi harga yang cukup murah karena aku selalu mencari supplier tangan pertama dari distributor. Selain untuk mempermudah cek stok barang, mendapat supplier tangan pertama sangat membantu karena harga yang dia berikan masih dalam standart murah, sehingga untung yang didapatkan jika aku me-reseller produknya masih dalam konteks harga yang terjangkau. Tidak terlalu mahal, jika dibandingkan dengan online shop lain (yang mungkin mengambil dari supplier kedua atau ketiga). Misalnya untuk sepatu; dalam taraf harga 200 ribuan, aku bisa mengambil untung sekitar 30 sampai 40 ribu rupiah, sehingga tidak terlalu mahal. Jika dibandingkan dengan banyaknya pembisnis online yang lain, yang memasarkan barang tersebut dengan merek dan produk yang sama persis, tapi dengan harga 280 ribuan. Itu cukup membantu untuk menarik minat konsumen terhadap bisnis ku, karena tentu harganya lebih murah.

Saat ini, Alhamdulillah, usahaku masih berjalan dengan lancar. Berbagai pesanan untuk kacamata dan sepatu masih ku dapatkan paling tidak 2-5 kali sebulan. Semua itu cukup menguntungkan, apalagi mengingat usaha ini tidak perlu modal besar.

Begitulah cerita singkat tentang bisnisku. Ini memang hanya bisnis sederhana yang cukup membantu para pemula seperti aku, dan kalian yang baru ingin memulai berbisnis untuk lebih belajar dan mengenal dunia berwirausaha. Naik-turunnya pemasukan dalam sebuah bisnis adalah hal yang wajar. Tapi satu yang paling penting adalah; jangan pernah menyerah dan selalu giat berusaha demi mencapai kesuksesan.

Terima kasih atas waktunya untuk berkunjung di blog tulisanku ini. Semoga berkesan untuk kalian semua.

Salam, Dita.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar