Selasa, 08 Oktober 2013

Strategi Bisnis ala Dita.



Halo, selamat malam.

Kali ini aku sebagai salah seorang mahasiswi yang sedang bergelut dengan usaha/bisnis online shop, ingin membagi beberapa informasi tentang dunia bisnis. Disamping latar belakangku yang sebenarnya memang bukan orang dibidang ekonomi atau bisnis (lebih tepatnya; bergelut dibidang Design Grafis), aku mempelajari beberapa strategi bisnis yang cukup membantu untuk kalian yang baru berkecimpung didunia bisnis dan berwirausaha.
Berikut beberapa yang strategi bisnis yang aku pelajari; semoga bermanfaat :)

Strategi dalam melakukan bisnis online, diantaranya adalah;

Pandai melakukan promosi didunia maya, melalui jejaring sosial yang sedang ramai digunakan para masyarakat belakangan ini. Seperti sudah kita ketahui, sudah banyak sekali online shop yang dikenal dikalangan (khususnya) shopaholic yang senang berbelanja online. Promosi yang baik, dengan melakukan iklan atau kuis-kuis yang menarik sangat membantu dalam kegiatan ini. Selain sebagai salah satu cara mengenalkan produk kepada para konsumen, juga untuk membuktikan tentang baiknya etos kerja yang usaha kita.

Kedua; Berusaha mencari supplier tangan pertama, sehingga membantu pemasaran produk lebih mudah karena mempunyai harga yang lebih murah, jika dibandingkan dengan online shop lain. Tentu harga yang lebih murah, ditambah dengan kualitas yang baik, sangat dicari oleh para konsumen yang senang berbelanja.

Ketiga; Ramahlah melayani konsumen. Kita sebagai pembisnis online shop, pastilah menggunakan media elektronik sebagai pembantu utama untuk sampai kepada perhatian konsumen. Selain promosi didunia maya seperti; Facebook dan Twitter, kita juga harus mencantumkan nomer telepon atau pin bbm yang bisa dihubungi saat ada konsumen yang tertarik dengan produk kita. Tentulah sebuah keramahan adalah point terpenting dalam hal ini, karena bagaimanapun ‘konsumen adalah raja’, kepuasan konsumen harus diutamakan. Walaupun mereka hanya bertanya-tanya soal produk, dan sering juga tidak jadi membeli, kita harus tetap profesional dan bersikap sabar. Hal itu sangat membantu dalam perkembangan usaha online yang kita rintis.

Keempat; Cepat tanggaplah jika ada calon konsumen dan konsumen yang menghubungi. Karena terlalu lama merespon pesan calon pembeli, akan mempengaruhi jadi atau tidaknya barang  dibeli, karena bisa jadi jika terlalu lama dibalas, pembeli bisa saja berubah pikiran dan membatalkan pesanan karena kita terlalu lama mengabaikannya. Oleh karena itu, fast respon sebuah online shop sangat membantu dalam menarik perhatian konsumen.

Kelima; Tanggung jawab. Walaupun dalam sistem kerja online shop kita hanya melakukan promosi melalui dunia maya (baca; internet, facebook dan twitter) dan tidak pernah bertatap-muka langsung dengan konsumen kita, sifat tanggung jawab merupakan salah satu point terpenting. Jika terjadi masalah tentang barang yang dipesan (kondisi kurang baik/tidak sesuai), kita harus berani untuk bertanggung jawab seperti merektur barang atau refuse uang jika ada barang yang rusak/mengecewakan konsumen. Jangan sampai konsumen tidak puas dengan sistem kerja usaha kita. Rugi dalam berwirausaha dan bisnis seperti ini adalah hal wajar, karena tidak semua usaha akan berjalan mulus, akan ada beberapa batu sandungan yang menghalangi perjalanan dalam kegiatan usaha kita.


Itulah beberapa strategi bisnis yang saya pelajari dari pengalaman saya berbisnis online. Kurang-lebihnya saya minta maaf. Semoga menjadi informasi yang membantu untuk kalian semua. Terima kasih :)


Selamat malam.
Salam, Dita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar